Senin, 12 Januari 2015

Resensi Buku "Islam Bukan Sekedar Agama"

Judul                           : Refleksi Keberagaman Untuk Kemanusiaan
Pengarang                   : Tim Karangmalang C 15
Penerbit                       : Samudra Biru, Yogyakarta
Tahun Terbit                : 2013, September ; Cetakan Pertama
Dimensi                       : XVI + 174 Halaman, 14,5 x 21 cm
Harga                          : Rp. 35.000,-

            Buku “Refeksi Keberagaman Untuk Manusia” adalah sebuah buku yang tersusun dari makalah-makalah yang ditulis oleh mahasiswa-mahasiswi Univesitas Negeri Yogyakarta jurusan bahasa Jerman. Unikya jurusan mereka bukanlah jurusan spesialis dalam masalah-masalah agama, namun mereka mampu menyusun makalah-makalah terseebut sehingga menjadi sebuah buku yang bahkan berhasil diterbitkan.
Dalam buku ini dijelaskan bahwa semua agama, tak terkecuali islam, datang ke bumi dengan membawa pesan-pesan moral yang luhur dan ideal demi menguatkan aspek spiritual manusia. Diharapkan dengan makin menguatnya sisi spiritual tersebut manusia menjadi semakin manusiawi, berakhlak mulia dan berbudi luhur.
            Tidak dapat dipungkiri bahwa agama merupakan pedoman hidup bagi manusia. Mereka hidup dengan aturan-aturan yang telah ada. Dengan hal itu mereka hidup damai, tentram, dan tenang. Sedangkan seseorang yang hidup tanpa memiliki agama akan cenderung melakukan tanpa batas.
Beragama adalah fitrah manusia, dan kenyataan bahwa manusia terlahir dalam keadaan fitrah mengakui Tuhan sang pencipta. Jika manusia sudah mengetahui atau mendapat fitrahnya, maka pada akhirnya agama merupakan pilihan hidup. Hak dasar dan hak asasi bagi kehidupan umat manusia.
Terutama jika kita mengenal islam lebih jauh, islam akan menunjukan bagai mana peran islam sehingga nantinya kita akan mendapat gambaran nyata akan sebuah realita dan bagaimana islam akan memandangnya. Serta kita akan dituntun akan pentingya mengenal al-Qur’an serta sunnah dalam sehari-hari dan menginterpresentasikannya dalam masyarakat.
Buku ini bukan hanya membahas tentang agama dan ruang lingkupnya saja yag notabenya membosankan bagi penbaca, tapi dalam buku ini juga membahas politik, pendidikan, seks, dan terorisme dalam bahasa yang mudah dipahami serta menarik untuk dibaca, harganya pun juga terjangkau, menarik bukan. Namun akan sangat membosankan bagi para pembaca yang tidak suka membaca buku, sampul dan judulnya pun juga kurang menarik untuk menarik para pembaca yang ingin membeli buku ini.

Buku ini cocok untuk dibaca oleh siapa saja, entah itu pelajar ataupun orang tua, ya walaupun didalam buku ini ada pembahasan tentang pacaran yang mungkin tidak begitu menarik untuk dibaca orang tua namun itu mungkin dapat membantu kepada para orang tua dalam memantau putra putri mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar